Rabu, 13 Juli 2016

Tips-Tips SBMPTN

(Teruntuk siapapun yang membaca, gw bakal seneng banget kalo kalian mau share artikel ini ke teman, saudara, atau adek kelas yang sekiranya membutuhkan) Thanks :)

SBMPTN 2016 udah lewat. Banyak banget rasanya yang pengen gw share ke adek-adek kelas tentang pengalaman gw setahun kemarin. Dan akhirnya gw mau coba ngasih tips belajar SBMPTN untuk kalian yang tahun depan atau tahun depannya lagi atau tahun depan depannya lagi bersiap ikut SBMPTN.
           Artikel ini gw tulis selain karena emang udah janji di artikel sebelumnya, gw jadi semangat buru-buru nulis setelah baca post-post seorang temen gw yang ketrima di Pendidikan Dokter UI (SNMPTN) tentang tips-tips SNMPTN dan SBMPTN. Gw suka banget tulisan-tulisannya meskipun gw rasa penjelasan tentang teknis persiapan SBMPTN-nya sedikit kurang. Kalo lo penasaran, lo bisa ngepoin doi lewat akun instragamnya di link ini atau akun facebooknya di link ini. Sekalian buat cewe-cewe kalo elo mau pdkt sama mas-mas calon dokter (kayaknya masih single tuh orangnya). Nah, disini gw mau menambahkan aja beberapa hal yang mungkin bisa melengkapi apa yang udah disampaikan temen gw. Tapi disini gw nggak akan bahas tentang SNMPTN (karena gw juga gagal disana :v), gw akan fokus bahas SBMPTN aja.
          Sebelum gw ngasih tips-tips buat ngadepin dan mempersiapkan SBMPTN, nggak afdhol kalo gw nggak ngasih tau lo gambaran medan perang yang akan lo hadapi nantinya. Dibawah gw bakal secara singkat ngasih gambaran besar tentang SBMPTN.
SBMPTN adalah kependekan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri. SBMPTN adalah satu dari dua seleksi (selain SNMPTN) yang banyak digunakan PTN untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya. SBMPTN adalah tes seleksi, beda sama UN yang merupakan tes evaluasi. Bedanya? Jadi gini, kalo UN kan jelas apa yang bakalan diujikan, udah ada patokannya, kurikulumnya. Dan semua yang diujikan dalam UN biasanya juga udah diterangin dan dijelasin oleh guru di kelas. Jadi tujuan tes evaluasi adalah mengevaluasi/menilai seberapa lo paham dan menguasai materi yang udah pernah diajarkan. Beda sama SBMPTN. Di sini nggak ada patokan materi apa yang bakalan keluar di soalnya. Kita hanya bisa menganalisa dengan melihat pola soal dari tahun ke tahun. Soal-soal tes seleksi biasanya (mungkin bisa dipastikan) jauh lebih susah daripada tes evaluasi. Yaa namanya aja tes seleksi, pasti soalnya didesain sedemikian rupa agar bener-bener bisa menyaring mahasiswa-mahasiswa yang kompeten di bidangnya. Dan lo harus bener-bener thinking out of the box kalo pengen lulus tes macam ini, karena kebanyakan materinya nggak bisa lo dapetin dari pelajaran di dalam kelas.
Dari segi persentase kelulusan lebih keliatan lagi ngerinya. Di SBMPTN 2013, dari 585.789 peserta, yang lulus 109.853 orang, hanya sekitar 18.75% saja. Tahun 2014 total peserta SBMPTN 664.509 peserta, dengan 104.862 diantaranya dinyatakan lulus, hanya 15.78%. Dan tahun 2015 total peserta ada 693.185, dengan 121.653 peserta lulus, sekitar 17.55%. Yang terbaru tahun 2016, dari 721.326 hanya 126.804 peserta yang dinyatakan lolos, atau sekitar 17.58% saja. Kebayang kan gimana ketatnya persaingan disini? Kalo belum mari simak uraian singkat gw tentang persaingan di beberapa prodi di bawah ini.
  • Untuk jurusan Pendidikan Dokter UI ada 2.829 peminat di tahun 2015 dengan daya tampung (Untuk SBMPTN 2016) sebanyak 72 kursi, jadi persentase penerimaan hanya 2.5% saja 
  • Untuk jurusan (fakultas sih lebih tepatnya) Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB ada 3.163 peminat di tahun 2015 dengan daya tampung (Untuk SBMPTN 2016) sebanyak 183 kursi, persentase penerimaan hanya 5.78%. 
  • Untuk jurusan Ilmu Komunikasi UI ada 2.964 peminat di tahun 2015 dengan daya tampung (Untuk SBMPTN 2016) sebanyak 32 kursi, yang berarti persentase penerimaan hanya sekitar 1.08% saja!!!

           (source : https://sbmptn.ac.id/ )

            Dengan makin naiknya tingkat persaingan di SBMPTN dari tahun ke tahun, gw harap lo cepet sadar dengan hal ini. Lo musti mikirin mulai dari sekarang sejauh mana kesiapan lo untuk ikut bersaing di sana.
            Gw harap tips-tips di bawah bisa berguna buat elo ngadepin SBMPTN. Ini beberapa hal yang bisa bisa gw share ke elo dari pengalaman gw ikut SBMPTN 2016 kemarin. FYI, kemarin gw lolos di pilihan 2, Pendidikan Dokter, Universitas Negeri Jember. Yang menurut data, peminatnya tahun 2015 ada sebanyak 2.281 orang dengan daya tampung SBMPTN 2016 sebanyak 48 kursi, hanya sekitar 2.1% saja. Gw berharap tips-tips dibawah bisa ngebuat belajar lo jadi lebih enak, lebih enjoy, lebih efektif dan efisien. Oke langsung aja, Hope this is usefull :)

  1. Prepare Sedini Mungkin

          Ini penting banget kalo lo emang mau masuk PTN favorit lo. SBMPTN bukan UN atau ulangan harian yang bisa disiapin dalam hitungan hari. Kalo lo udah baca catatan SBMPTN gw, butuh 6 bulan buat gw ngejar materi SBMPTN (itu karena gw banyak ketinggalan juga sih, wkwk). Menurut gw, idealnya nyicil materi SBMPTN adalah sejak liburan kelas 11 ke kelas 12. Lo hampir punya waktu hampir setahun penuh buat nyiapin SBMPTN. Itupun nantinya masih kepotong waktu untuk UN, Ujian Sekolah, Ujian Praktek (kalo ada) dan acara-acara sekolah lainnya. 
          Sekali lagi SBMPTN bukan UN yang cuman diikuti se-angkatan lo. SBMPTN adalah ujian yang biasanya diikuti 3 angkatan sekaligus. Jadi nggak menutup kemungkinan saingan lo adalah kakak-kakak kelas lo yang tahun lalu gagal dan nyiapin SBMPTN setahun penuh. So, kebayang kan tingkat persaingannya.
          Mantepnya lagi adalah lo udah prepare SBMPTN sejak kelas 10. Ha? Kelas 10? Gw nggak bercanda kok. Meskipun lo belum kebayang mau kuliah dimana, setidaknya lo selangkah lebih maju dari pesaing-pesaing lo. Caranya? Simple sih, belajar pake konsep, jangan hafalan rumus. Latian soal-soal level SBMPTN untuk bab-bab yang baru lo pelajari.
            Contohnya untuk biologi soal-soal tentang sistem organ manusia lumayan banyak keluar tuh, dan itu masuk materi kelas 11. Nah, lo bisa prepare dengan liat soal-soal SBMPTN tentang bab itu. Coba kerjain dengan apa yang udah lo dapet dari penjelasan guru lo, trus kalo lo kesulitan coba tanyain ke guru lo pas di kelas. Sekalian buat nge tes penguasaan materi guru lo, hehe
           Tergantung kapan kalian baca artikel ini, coba hitung mundur ke waktu SBMPTN yang bakal lo ikutin. Biasanya SBMPTN diadain sekitar bulan Mei-Juni tiap tahunnya. Dan coba bikin planning selama waktu itu. Detailnya bisa lo baca dibawah.

Saran gw : Jangan tunda-tunda lagi, prepare mulai dari sekarang!!!!

       2. Mulai dengan ngerjain soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya

            Ini adalah langkah pertama kalo lo bener-bener serius ingin mulai prepare SBMPTN. Ini nggak kalah penting untuk nguji tingkat pemahaman lo. Setelah nyoba-nyoba ngerjain, ada 2 kemungkinan yang bakal terjadi. Yang pertama “Ah, soal-soal gini mah gampang. Nggak perlu belajar lebih gw. Dengan penjelasan di kelas aja udah cukup.” Yang kedua, “Njir, soal macam apa ini? Susah banget.. Ini mah bukan soal level SMA.” Dan survey membuktikan bahwa kemungkinan kedua lebih sering terjadi. 
           Dengan nyoba ngerjain soal-soal level SBMPTN, lo jadi tau tingkat kesulitannya. Dan lo jangan kaget kalo tipe2 soalnya agak beda dengan yang biasa lo kerjain di sekolah.

Saran gw : Untuk step ini lo bisa mulai dengan ngerjain satu set soal SBMPTN dari tahun berapapun, kalo bisa sih tahun yang paling baru. Kemudian lo cari kunci dan pembahasannya untuk ngitung passing grade lo untuk yang bener-bener pertama kali.

          Kemudian setelah tau seberapa ngeri-nya soal model SBMPTN, lo musti ngelakuin tips ketiga sesegera mungkin

3.       Belajar KONSEP, bukan HAFALAN RUMUS

           Ini PENTING pake BANGET pake !!!. Lo nggak bisa berharap dengan cuman modal hafalan bisa ngerjain soal-soal model SBMPTN dengan maksimal. Kebanyakan soalnya lebih menuntut pemahaman konsep dan kreativitas lo mengaitkan satu subbab dengan subbab yang lain, bahkan antara bab yang satu dengan bab yang lain. 
         Untuk matematik sama fisika yang notabene sangat banyak rumus yang dipake, lo mungkin sering ngerasain, “Aduh ini ngerjainnya gimana? Rumusnya apa ya? Pake rumus yang mana? Ah gw lupa rumus buat soal ini.” Kebanyakan dari kita pasti pernah mikir kayak gitu (gw dulu juga kok). Tapi sebenarnya itu pemikiran yang sangat salah. Rumus bukan untuk dihafalin my men.  
          Contohnya di fisika, lo bisa ngehafalin banyak rumus di dinamika dan kinematika, tapi sama aja boong kalo lo nggak tau esensi dari kumpulan rumus-rumus itu dan kaitannya dengan realita yang ada di lapangan. Inti dari pelajaran fisika yang adalah mempelajari kejadian-kejadian alam di kehidupan sehari-hari jadi terlupakan. Mungkin kalo Einstein tahu penelitiannya bertahun-tahun sekarang hanya jadi deretan rumus tanpa esensi, dia bakal ngutuk kita jadi partikel foton dah tuh.
          Contohnya lagi di biologi, (siapa bilang biologi gak masuk pembahasan di point ini). Sering banget gw temui (menurut pengamatan dan sharing dengan beberapa temen), bab-bab genetika, khususnya Mendelian Genetic, materinya direduksi jadi sekadar hitung-hitungan tanpa makna, mengabaikan pentingnya apa itu sebenarnya alel, gen dan kromosom. Melupakan prinsip dasar probabilitas yang sebenarnya merupakan inti dari genetika Mendel. Dan sekali lagi, jika om Mendel tahu hal ini, mungkin beliau akan mengutuk kita jadi kacang kapri.
         Kemudian juga bab tentang taksonomi yang sering banget jadi ajang adu hafalan nama latin. This is totally sh*t. Inti taksonomi bukan nuntut lo ngehafalin nama latin yang ejaannya aja kadang susah. Inti taksonomi adalah memberi lo kemampuan mengelompokkan organisme-organisme dalam suatu kelompok tertentu berdasarkan ciri-cirinya, baik morfologi maupun fisiologi.
        Terakhir di matematik yang notabene rumusnya bejibun. Dasarnya lo ga musti ngehafalin segudang rumus itu di otak lo. Bayangin aja, buat trigonometri doang kalo musti dihafalin ada hampir saratus buah tuh. Sekali lagi lo nggak musti ngehafalin itu semua, bukan itu yang musti lo lakuin. Otak lo lebih berharga dari flashdisk 45 ribuan yang hanya bisa menyimpan data. Otak lo adalah CPU, mesin pemroses yang luar biasa. Dasarnya lo hanya butuh beberapa rumus dasar di matematik, dan lo bisa utak-atik sendiri, turunin sendiri menjadi puluhan rumus yang lain. Pun begitu juga di fisika. 

Saran gw : biasain nurunin rumus sendiri, ngebuktiin rumus sendiri, explore darimana asal muasal rumus jadi yang sering dipake di sekolah. 

4.       Deliberate Practice

        Mungkin sebagin dari lo masih asing dengan istilah ini. Inti dari point ini adalah memaksimalkan potensi elo, menambah apa yang emang udah lo kuasai dan mencoba mneguasai apa yang belum elo kuasai.
Contohnya gini deh. Misal di matematik, waktu lo latian soal campuran (ujian akhir semester contohnya) elo ngerasa kurang begitu bisa ngerjain soal bab integral. Nah yang musti lo lakuin setelahnya adalah bukan dengan banyak2 in latian satu set soal ujian akhir semester, tapi lo fokusin belajar di bab integral itu. Begitu pula di SBMPTN. Misal setelah lo nyoba try out SBMPTN beberapa kali, lo ngerasa agak kesulitan di fisika bab kinematika. Nah selanjutnya lo musti memperdalam lagi di bab kinematika itu, jangan malah nyoba banyak-banyakin ngerjain lagi satu set soal SBMPTN full.
             Analoginya kayak gini deh. Asumsikan lo adalah atlet bola voli. Untuk jadi pemain top lo nggak bisa cuman latian dengan banyak-banyakin latih tanding dalam pertandingan. Lo musti ngembangin teknik-teknik dasar lo, kayak service, passing, smash dll. Kemudian untuk ngelatih kemampuan dasar itu lo kadang musti ngelakuin hal-hal yang secara langsung nggak berpengaruh dalam pertandingan yang sebenarnya. Push up contohnya, untuk ngebentuk otot lengan lo, yang berguna buat nambah power smash. Trus back up misalnya, untuk ngebentuk otot punggung lo, yang gw akui ini berpengaruh banget (dulu waktu smp gw ikut ekskul bola voli dan menang beberapa kejuaraan). Nah di SBMPTN juga gitu. Lo nggak bisa ningkatin nilai TO lo cuman dengan banyak-banyakin latian soal campuran. Lo musti ngedalemin per bab sampek bener-bener mateng. Ya, inti dari Deliberate Practice adalah be perfect in every subject.
                Penjelasan lebih detail tentang Deliberate Practice bisa lo baca di artikel ini.
Gw akui point  ini adalah yang paling sulit. Deliberate Practice nuntut lo sempurna di semua subjek yang diujikan di SBPMTN. Lo musti punya endurance yang kuat. Lo harus menguasai bab-bab yang mungkin nggak lo kuasai sebelumnya, dan harus gw akui itu nggak menyenangkan sama sekali. Lo musti belajar mulai dari konsep, pahami benar dasar-dasarnya, kaitannya dengan realita sehari-hari, kemudian lo harus explore lebih dalam lagi, dan terkahir lo musti latian dengan variasi soal yang berbeda untuk nguji pemahaman lo. Jujur, ini akan sangat menguras emosi lo. Dan kalo lo nggak punya niat dan tekad yang kuat, bukan nggak mungkin lo bakal nyerah di tengah jalan.

Saran gw : Belajar konsep yang bener untuk setiap bab, sampek lo bener-bener paham. Gali sampai ke akar-akarnya untuk hasil yang maksimal. Jangan pindah ke bab selanjutnya kalo lo belum bener-bener ngeh dan paham. Jangan terlalu fokus ngerjain soal campuran. Pertimbangkan juga estimasi waktu.

5.       Bikin target dan management waktu

            Jujur gw bukan orang yang pinter banget ngebagi waktu. Karena gw ngerasa ini penting, tapi daripada gw maksa nulis dan akhirnya malah bikin lo sesat pikir, lo baca aja tentang ini di artikel ini.

Saran gw : baca tuh artikel

6.       Buat skala prioritas

      Kalo lo mau belajar mulai sekarang dan bingung harus mulai darimana. Ini mungkin bisa ngebantu lo.
          Tiap tahun tuh soal-soal SBMPTN pasti ada polanya. Ada bab yang sering keluar, ada bab yang jarang keluar dan ada bab yang kadang nongol gitu aja tanpa di prediksi. Nah, lo bisa mulai fokus sama bab-bab yang sering keluar. Contohnya di matematik ada bab persamaan kuadrat, di biologi ada system organ, di fisika ada  bab gerak lurus dan di kimia ada stokiometri. Itu bab-bab yang sering keluar di soal SBMPTN dari tahun ke tahun.
           Lebih lengkapnya lo bisa liat di grafik yang gw ambil dari zenius.net berikut ini. (Klik gambar untuk lebih jelas)












Saran gw : fokus dulu ke bab yang sering keluar di SBMPTN

7.       Belajar Mandiri Itu Penting

          Jangan harap lo bisa tembus SBMPTN hanya dengan ngandelin pelajaran di kelas. Sebenernya pelajaran di kelas nggak terlalu ngaruh sih menurut gw, yang lebih penting adalah seberapa sering lo ngulang pelajaran sendiri dirumah. Lo musti banyak –banyakin belajar mandiri dirumah. Dan langkah terbaik (menurut gw) untuk memanifestasikan step ini adalah dengan belajar bareng ZENIUS. Apaan tuh? Buat lo yang belum tau, zenius (atau lengkapnya PT Zenius Education) adalah sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan. Mereka ngebuat konten multimedia yang dijual secara murah dan dijamin ini NGEBANTU BANGET. (Lengkapnya langsung kunjungi aja official website disini). Nah disana tuh nyediain video-video pembelajaran kayak di bimbel-bimbel gitu deh (tapi dijamin belajar disini bakal beda banget sama belajar di bimbel kebanyakan). Tutor-nya kece-kece dan keren-keren. Kalo elo baca artikel gw sebelumnya tentang catatan SBMPTN gw, lo pasti tau gimana ngaruhnya benda ini dalam proses belajar gw.
          Jadi ada 2 pilihan, elo beli vouchernya atau beli paket xpedia-nya (saran gw sih beli xpedia aja, karena bisa diliat offline). 
       Kalo boleh gw bilang beli paket Xpedia Zenius (atau minimal voucher-nya lah) adalah hal terbaik yang bisa lo lakuin kalo lo bener-bener pengen lolos SBMPTN

Saran gw : Beli Zenius Xpedia 2.0

8.       Tumbuhin motivasi lo

          Problematika yang umum untuk kalangan pelajar, bahkan untuk setiap orang sekalipun. Kadang sewaktu kita ikut seminar-seminar tentang motivasi, semangat kita bisa sangat menggebu-gebu setelahnya. Tapi dua tiga hari kemudian semangat itu menguap entah kemana. Itu wajar. Trus gimana dong caranya bisa termotivasi terus-menurus? Well, gw nggak bisa jawab secara spesifik karena tiap orang pasti punya karakter yang beda-beda dan uraian gw dibawah mungkin nggak cocok untuk beberapa orang. Tapi ini adalah pengalaman yang gw dapet selama 6 bulan nyiapin SBMPTN kemarin. 
         Pertama gw mau tanya dulu, apa sih yang ngebuat lo semangat belajar? Atau setidaknya pernah bikin lo semangat belajar? Gw pengen lo jawab dulu pertanyaan ini. Udah? Oke lanjut. 
         Motivasi dalam belajar itu ada macem-macem. Mulai karena paksaaan orang tua, iming-iming uang jajan, pengen nilai bagus, pengen jadi ini, itu dsb. 
            Menurut gw pribadi, setelah baca-baca tentang Self-Determination Theory-nya Edward Deci (detailnya lo bisa googling sendiri) gw nyimpulin level termotivasi dalam belajar itu ada 4 ;

     1. Saat-saat dimana lo nggak termotivasi sama sekali
         Di level ini lo nggak punya semangat belajar sama sekali. Lo tiap hari berangkat sekolah cuman karena lo ngerasa harus ngelakuin itu. Belajar di sekolah terasa jadi beban buat lo. “This is so boring”

     2. Saat dimana lo termotivasi karena orang lain
       Di level ini setidaknya ada peningkatan. Lo udah termotivasi sekarang, meskipun kadarnya masih rendah. Gw agak susah ngejelasin point ini jadi langsung ke contoh kasus aja. Contohnya adalah saat lo jadi semangat belajar karena iming-iming uang jajan kalo nilai lo bagus, atau saat orang lain ngomong tentang perjuangan orang tua lo ngerawat lo, elo jadi termotivasi untuk belajar.

     3. Saat dimana lo termotivasi untuk orang lain
        Di level ini, kadar motivasinya sudah cukup tinggi. Di tingkat ini lo udah termotivasi untuk belajar dan berguna untuk orang lain. Contohnya adalah saat lo pengen jadi dokter misalnya, lo pengen berguna untuk masyarakat dan mengabdi untuk masyarakat. Lo pengen bisa membantu sesama. Contoh lainnya saat lo pengen jadi koki. Lo belajar masak karena pengen memanjakan lidah orang lain dengan masakan lo. Lo pengen orang lain ngerasain masakan-masakan enak yang belum  pernah mereka makan.
        Di level ini, pengaruh dari luar masih tetap ada walaupun lebih sedikit daripada point 1 dan 2.

    4. Saat dimana lo termotivasi karena diri lo sendiri
       Nah ini adalah level termotivasi paling tinggi menurut gw. Di level ini lo ngerasa belajar bener-bener fun, lo bener-bener seneng banget saat paham konsep baru yang dulu enggak lo kuasai. Di level ini, lo hampir sama sekali nggak butuh pengaruh dari luar, karena motivasi dateng dari dalam diri lo sendiri.

      Kita ibaratin waktu main game deh. Kenapa lo seneng banget belajar suatu game biar jago padahal nggak ada iming-iming uang jajan kalo lo berhasil nguasain itu game? Yes, Because it is FUN!!!. So, buat proses belajar ini jadi menyenangkan!!
       Nah sekarang gimana caranya biar proses belajar itu jadi menyenangkan? Well, sebenarnya ini adalah kelanjutan dari point nomer 3. Dimana yang terpenting adalah lo musti belajar KONSEP bukan HAFALAN RUMUS. Percaya deh sama gw, saat lo bener-bener ngerti suatu konsep baru yang sebelumnya lo nggak kuasain, itu senengnya ngalah-ngalahin dapet 100 di ulangan harian. Dulu saat cara belajar gw mulai bener, berkali kali gw bilang dalam hati “Anjir, gw ngerti banget konsepnya” dan kemudian gw ngerasain kepuasaan yang gede banget saat itu. 
       Pertama emang agak susah mencapai perasaan itu. Lo musti push diri lo buat ngerti suatu konsep, dan lo musti push lagi untuk mengerti konsep yang lain. Tapi percaya deh sama gw, lama kelamaan effort lo untuk ngerti suatu konsep baru jadi semakin enteng.
        Trus jangan belajar cuma untuk bisa jawab soal. Kalo tujuan lo cuman untuk bisa ngerjain soal, pasti nantinya lo bakal nyari-nyari jalan pintas (baca: rumus cepat) atau ngapalin pake jembatan keledai atau apa lah yang lain. Dengan cara belajar seperti ini lo malah akan ngerasa sebel sama pelajaran yang coba lo kuasai.

Saran gw : Push diri lo buat ngerti suatu konsep dan rasain kepuasannya. Sekali lagi jangan hafalan rumus.

9.       Sering Try Out mandiri

          Step ini mungkin baru bisa lo praktekin sekitar 3 bulan jelang SBMPTN. Saat lo ngerasa udah banyak nyicil materi, baru deh lo banyak-banyakin try out. Alasannya gw rasa udah jelas di atas. Try Out nggak harus dari sekolah atau bimbel. Lo juga bisa (gampang banget carinya) dapet soal-soal try out SBMPTN di internet. Contohnya di blog-nya pak anang. Usahain minimal lo try out mandiri sebulan 4 kali. Setelah itu lo catet progress PG lo, dan evaluasi bab-bab yang mustinya jadi sumber nilai lo.
            Dalam step ini, deliberate practice masih berlaku. Begitu juga skala prioritas di point nomor enam.  
            Try out sesering mungkin adalah kunci untuk meraih keunggulan dibanding peserta yang lain. Dengan begitu lo bisa tahu dimana letak kelebihan dan kelemahan lo. Ini juga bisa ngelatih daya tahan fokus lo. Bayangin aja, lo musti ngadepin seratus lebih soal-soal level tinggi dalam waktu beberapa jam saja. Itu pasti butuh fokus yang tinggi dan daya tahan yang kuat. Coba deh lo jarang try out, pasti kelabakan deh tuh. 
           Try out juga bisa berguna untuk menyesuaikan waktu pengerjaan. Kalo lo jarang try out, pasti manajemen (bener gak sih ejaannya?) waktu lo kurang baik atau malah kacau banget. SBMPTN emang didesain gitu. Soalnya susah-susah, waktunya dikit bangettt. Sharing aja, tahun 2016 kemarin, waktu pengerjaan untuk TKPA itu 105 menit dan jumlah soalnya 90 butir.  Untuk Saintek soalnya 60 butir waktunya 105 menit juga. Untuk TKPA gw ngebagi waktunya gini (urutan menyatakan dari yang pertama gw kerjain duluan) :
  • -          TPA (45 soal) alokasi gw 30 menit
  • -          B.Inggris (15 soal) alokasi gw 15 menit
  • -          Matematika (15 soal) alokasi gw 30 menit
  • -          B.Indonesia (15 soal) alokasi gw 15 menit
  • -          Sisa 15 menit gw pake buat review lagi soal-soal yang gw skip
           Ngebagi waktu penting banget di TKPA ini, karena ini bakalan jadi lumbung nilai lo. Usahain 90% soal TKPA lo jawab, atau mungkin malah lo jawab semua lebih bagus. Selama gw Try Out gw paling banyak ngerjain soal-soal TKPA waktu itu sekitar 82-83 soal (agak lupa gw). Untuk Saintek lo bisa explore sendiri, karena gw dulu nggak pernah pake pembagian seperti itu pas ngerjain saintek.
Saran gw : Ikut simulasi tes sesering mungkin. Disamping untuk  ngelatih mental, dengan ini juga lo bisa tahu hal-hal kecil yang musti dihindari di hari tes yang sebenarnya.

              10. Refreshing

            Nah kita sampai di tips terakhir nih. Kadang di sela-sela kesibukan lo belajar SBMPTN, lo pasti ngadepin yang namanya jenuh. Dan kalo lo udah ngerasain itu mulai berat banget, nggak ada pilihan lain kecuali refreshing. Kan nggak lucu kalo lo nguasain banyak materi tapi otak lo agak geslek di akhirnya nanti. Kadang berliburlah, pergi ke tempat yang bikin lo relax, yang bisa bikin lo santai. Dan saran gw yang paling utama adalah PANTAI.. Atau lo yang betah dirumah atau yang nggak bisa pergi jauh atau yang jauh dari tempat hiburan (kayak tempat gw) bisa nonton-nonton film yang berguna dan bisa memotivasi lo. Saran gw sih lo liat post instagram bang Zia di link ini. Banyak banget rekomendasi film keren disana (yang kebanyakan gw belum pernah nonton). Atau lo juga bisa baca-baca buku tentang management waktu atau buku-buku tentang motivasi lainnya. 7 Habits of Highly Effective People adalah rekomendasi utama gw. 

Saran gw : Klik link diatas dan berliburlah sejenak

             Gw rasa cuman itu yang bisa gw share untuk sekarang. Nanti kalo ada tambahan pasti gw tulis di artikel ini. Gw harap ini bisa berguna untuk siapapun yang membaca, terutama lo yang mau ikut SBMPTN ataupun tes mandiri PTN lainnya. Semoga yang lo cita-citakan bisa terwujud, semoga semua impian lo menjadi kenyataan, semoga hidup lo bisa bermanfaat untuk orang lain, dan semoga hidup lo memiliki banyak arti.

“Try not become a succesfull person, but be a valuable”
                                                                                                                       --Albert Einstein--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar